Panduan Update ROM, Rooting, Flash TWRP untuk Redmi Note 2 / Prime

Pengguna HP Xiaomi Redmi Note 2 Mungkin masih banyak yang membutuhkan atau masih bingung bagaimana caranya Update ROM, cara Root, Cara Flashing terutama bagi yang baru mengenal android. Disini saya mencoba memberikan alur tindakan agar kamu bisa lebih memahami. Proses Flashing, update atau ganti ROM, dan Rooting bisa dilakukan dengan dua cara yaitu bisa Menggunakan PC/Laptop dan juga bisa langsung dilakukan di HH Redmi Note 2 itu Sendiri.

Untuk pembahasan pertama kita coba untuk yang tanpa PC / Laptop (langsung dilakukan di Redmi Note 2)

Panduang Flash tanpa PC

 

  1. Jika Posisi HH kamu yang sekarang baru beli dari distributor, biasanya versi MIUI yang didapat adalah MIUI 6 tapi bukan ROM resmi dari en.miui.com biasanya versinya tertulis 66.66.77.00 | Stable. Saran saya langsung ganti rom tersebut ke MIUI 6 atau MIUI 7 yang bisa kamu dapatkan secara resmi di en.miui.com. Kenapa saya menyarankan begitu? karena ROM bawaan distributor banyak sekali appiklasi yang mengganggu, banyak iklan yang ga penting sehingga benar-benar menggangu jika digunakan sehari-hari.
  2. Bagaimana cara mengganti ROM distri ke ROM MIUI 6 atau MIUI 7 ? Kamu bisa lihat Tutorial Mengganti ROM melalui Updater / Mi Recovery / Stock Recovery di Redmi Note 2.
  3. Jika Posisi HH kamu yang sekarang di MIUI 6 Stable, kamu juga bisa mengganti ROM MIUI 7 melalui updater / Mi recovery seperti cara di nomer 2.
  4. Selain dari updater, kamu juga bisa lihat Cara Mengganti ROM dengan TWRP. TWRP adalah jenis recovery juga seperti MI Recovery hanya saja mempunyai banyak fitur.
  5. Bagaimana Cara memasang atau Flash TWRP Recovery? Kamu bisa lihat Tutorial Pasang TWRP Recovery di Redmi Note 2.
  6. Jika Posisi HH kamu di MIUI 6 tetapi pengen mencoba ROOT, kamu bisa lihat Cara Rooting menggunakan TWRP. Jika Posisinya di MIUI 7 versi developer sudah otomatis root dari bawaannya. Baca juga Cara ROOT dan Pasang TWRP Terbaru dengan KingRoot.
  7. Selain bisa ROOT, dengan menggunakan TWRP kamu bisa melakukan Backup dan Restore Full ROM, Data, Bisa menginstall Viper Sound, Dolby Sound, Bisa mengganti bootanimation, Bisa juga menganti-ganti ROM yang tersedia baik costum ROM maupun ROM resmi dari MIUI.

 

Pembahasan Kedua kita coba untuk yang Via PC / Laptop ( Redmi Note 2 dikoneksikan via kabel data)

Flash dan root via PC

  1. Alurnya sama seperti yang sebelumnya hanya saja kita menggunakan PC/Laptop untuk bantuan Flashingnya, Untuk flash MIUI 6 Stable via PC kita harus mempunyai file ROM yang berbeda dengan file ROM yang digunakan untuk flash via recovery. Biasanya disebut ROM fastboot, dan filenya berupa ekstensi tar.gz atau .gz. Biasanya juga file ROM fastboot ini juga hanya tersedia untuk ROM yang sudah Stabil. Untuk downlod file ROM fastboot yang akan digunakan via MiFlash kamu bisa download di en.mui.com…
  2. Bagaimana cara Flashing via PC menggunakan MiFlash? Kamu bisa lihat tutorial Cara Flashing Handphone Xiaomi via PC menggunakan MiFlash.
  3. Salah satu kelebihan flashing menggnakan MiFlash ini yaitu untuk mengatasi bootloop (HH tidak bisa masuk homescreen dan keluar logo MI terus menerus). Baca juga Cara Mengatasi Bootloop , Softbrick , dan Hardbrick di Redmi Note 2
  4. Pasang TWRP Recovery juga bisa dilakukan via PC menggunakan ADB TOOL, ini juga bisa sebagai solusi jika kamu pasang TWRP via updater selalu gagal. Bagaimana caranya?? Kamu bisa lihat Tutorial Cara Pasang TWRP via PC di Xiaomi Redmi Note 2.

Jika kamu minimal bisa menguasai tahapan-tahapan diatas kemungkinan kamu sudah tidak bingung lagi hehe. Semoga Panduan ini bisa membantu ya..Pesan saya cuma satu DWYOR 🙂

Silahkan comment jika masih ada yang perlu ditanyakan.


4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *