Tanya Jawab Tentang Jaringan 4G Redmi Note 2

Pada kesempatan kali ini akan membahas Redmi Note dalam bentuk tanya jawab sehingga bisa lebih mudah dipahami terutama pertanyaan tentang jaringan 4G LTE Redmi Note 2

Q : Redmi Note 2 garansi resmi atau distributor? Apa bedanya?
A : Untuk sementara yang beredar di Indonesia garansi distributor, bedanya hanya di purna jual dimana untuk yang versi distributor yang melayani klaim garansi adalah pihak ketiga yang sudah ditunjuk oleh distributor. Sementara yang garansi resmi, layanan purna jual dihandle langsung oleh pihak yang sudah ditunjuk secara resmi oleh Xiaomi international.

Q : Berapa harga pasaran baru ReNo2 untuk sekarang (Maret 2016) ?
A : Harga sekarang sekitar 1,6 sampai 1,8 juta

Q : Redmi Note 2 ada tiga, yang mana yang beredar di Indonesia?
A : Semua tipe Reno2 sudah beredar semua di Indonesia, tetapi yang paling banyak adalah versi TDD

Q : Saya beli Reno 2 yang versi TDD apakah masih bisa digunakan untuk jaringan 4G all operator di Indonesia ?
A : Semua versi Reno2 sudah support 4G All operator di indonesia (Tsel, isat, XL, Smartfren dan Bolt), untuk kasus Reno2 versi TDD walaupun di dusbuk nya tertulis TDD tetapi di device Reno2nya sendiri sudah support juga untuk FDD

Q : Operator di Indonesia itu LTE nya menggunakan FDD atau TDD ?
A : Untuk Telkomsel, Indosat dan XL saat ini menggunakan FDD di frekuensi 1800 MHz (BAND 3) Bolt menggunakan TDD frekuensi 2300MHz (BAND 40), Smartfren menggunakan FDD frekuensi 850 Mhz (BAND 5) dan juga TDD frekuensi 2300 MHz (BAND 40)

Q : Terus Reno2 itu supportnya FDD dan TDD band berapa aja ?
A : Reno2 support LTE band 1(2100 MHz), 3(1800 MHz), 7(2600 MHz), 38(2600 MHz), 39(1900 MHz), 40(2300 MHz), 41(2500 MHz)

Q : Ditempat saya berada sudah ada 4G LTE Smartfren, sudah disetting dan ditambah APN sesuai tutorial tetapi sinyal di Reno2 kenapa tidak muncul?
A : Pastikan dahulu lokasinya berada di LTE Smartfren yang menggunakan frekuensi 2300 MHz, karena jika lokasinya hanya tercover oleh sinyal smartfren yang cuma menggunakan frekuensi 850 Mhz maka Reno2 tidak support. Silahkan tanya ke CS Smartfren di lokasi anda berada. Pastikan juga SIM Card sudah LTE ready.

Q : Reno2 Support Smartfren berarti support CDMA gitu ?
A : Reno2 support smartfren hanya untuk jaringan 4G LTE nya saja sedangkan CDMA tidak bisa sehingga khusus smartfren hanya bisa digunakan untuk Data Internet saja.

Q : Yang support 4G SIM 1 / SIM 2 ?
A : Dua-duanya support 4G, tetapi jika salah satu di set ke 4G SIM yang lain hanya bisa 2G saja

Q : Gimana caran setting 4G di Smartfren dan Bolt ?
A : Silahkan ikuti link berikut TIPS & TRIK : CARA SETTING JARINGAN 4G SMARTFREN DAN BOLT DI REDMI NOTE 2 

Q : Ane habis update Rom ke Global stable 7.1.x tapi habis itu kok setingan 4G nya ilang ya ?
A : Silahkan cek disini

Q : Sebenarnya FDD dan TDD itu apa sih ?

FDD kependekan dari Frequency Division Duplexing, FDD menggunakan pembagian frekuensi, FDD ini Teknologi yang membagi satu pita frekuensi yang dialokasikan ke dalam dua kanal yang lebih kecil untuk Upload dan Download. Jadi satu pita frekuensi, digunakan untuk upload dan download secara bersamaan. Ibarat sebagai sebuah jalan besar dua arah, satu di kiri, satu dikanan. Memiliki keunggulan lebih jarang terkena gangguan interferensi dan resepsi penerimaan yang baik, dan pada prakteknya lebih cocok untuk aplikasi yang memiliki lalu lintas simetris (penggunaan upload dan download setara) seperti VoIP atau Video Call berbasis Internet.

TDD kependekan dari Time Division Duplexing, TDD menggunakan pembagian “waktu”. TDD ini Teknologi yang menggunakan seluruh saluran tetapi bergantian antara upload dan download. Jadi satu Pita Frekuensi digunakan Upload dan Download secara bergantian. Ibarat sebagai sebuah jalan tol yang menggunakan sistem Buka tutup di gerbangnya.
Keunggulannya tentu saja kecepatan untuk download dan upload menjadi lebih besar, bayangkan saja bagaimana kencangnya sebuah mobil sport melaju di jalur tol yang satu arah dan bebas hambatan. TDD sangat cocok untuk aplikasi yang memiliki trafik asimetris, misalnya browsing atau streaming (dimana “Download ” lebih besar dari “upload” ) atau upload video ke youtube (dimana “upload” lebih besar dibanding “download”). TDD ini memberikan jalan kepada yang kebutuhan datany lebih besar antara upload dan download dengan sistem buka tutup berbasis waktu kapan diperlukan

Sumber


12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *