Tutorial Mengganti ROM Distributor ke Global di Redmi Note 3 Pro

By Ridwan Posted On Apr 12, 2016

Seperti yang telah kita ketahui Xiaomi mengeluarkan dua varian untuk smartphone seri Redmi note 3 berdasarkan jenis prosesornya yaitu Redmi Note 3 biasa yang mempunyai dapur pacu Mediatek dan kemudian muncul setelahnya Redmi Note 3 Pro dengan bawaan prosesor Snapdragon. Dari kedua seri tersebut belum ada kabar resmi akan masuk ke Indonesia sehingga jika kita ingin membeli smartphone tersebut sudah pasti dengan garansi distributor.

Hal yang paling sering dirasakan oleh kita ketika membeli gadget dengan garansi distributor yaitu ROM bawaannya, Yup sudah pasti kita mau ga mau harus segera menggantinya jika tidak ingin merasakan kurang nyaman ketika memakainya. beberapa ciri kita menggunakan ROM versi distri biasanya adanya iklan pop up yang biasa tiba-tiba muncul tanpa kita melakukan apa-apa, adapula yang merasakan baterai jadi lebih boros karena banyak aplikasi ‘ga penting’ yang sudah terinstall di ROMnya, dan yang paling penting adalah ROM distributor tidak akan bisa diupdate via OTA jadi ketika ada update-an resmi dari MIUI tidak akan pernah mendapatkan notifikasinya.

Sejak launchingnya Redmi Note 3 untuk pertama kalinya Xiaomi memutuskan untuk mengunci Bootloadernya sehingga user yang sudah terbiasa mengoprek devicenya jadi ‘sedikit’ lebih sulit karena jika akan membuka bootloader (bahasa kerennya ‘Unlock Bootloader‘) harus mengirim request ke Xiaomi dan biasanya kita akan mendapatkan sms notifikasi unlock bootloader dalam waktu kurang lebih seminggu. Kembali ke pembahasan ROM Distributor, Bisakah kita mengganti ROM Distributor ke ROM Global di Redmi Note 3 Pro (Snapdragon) tanpa harus unlock bootloader terlebih dahulu ? Jawabannya bisa ! Yuk kita simak langkah-langkahnya.

Yang perlu disiapkan :

  1. PC / Laptop dengan OS Windows 64 bit (Jika menggunakan windows 32 Bit akan gagal)
  2. Mi PC Suite
  3. MIUI ROM Flashing Tool
  4. File ROM Fastboot Global Stable untuk Redmi Note 3 Pro (Snapdragon)
  5. Minimal ADB

Langkah-langkah :

  1. Download dan Install Mi PC Suite, untuk download versi terbaru bisa cek di pcsuite.mi.com
  2. Download dan Install MIUI ROM Flashing Tool, Download di en.miui.com/a-234.html di bagian step 1
  3. Download ROM Fastboot terbaru untuk Redmi Note 3 Pro (Snapdragon) di en.miui.com/a-234.html bagian Step 2 cari Link Download ” Redmi Note 3 Qualcomm Latest Global Stable Version Fastboot File Download ” file download harus berekstensi .tgz jika ketika download filenya berkestensi .tar tinggal di rename saja, Simpan dan ekstrak dengan WinRar file tersebut di  Drive E:\
  4. Sebenarnya tidak ada batasan file tersebut disimpan, hanya untuk menghindari error saat flashing. Banyak yang sering mengalami error saat flashing hanya karena file ROM fastboot disimpan di dalam folder tetapi nama foldernya mengandung spasi. Contoh yang menyebabkan error saat flashing, kamu menyimpan file ROM di Path C:\Users\Ridwan Blog\Desktop << dalam hal ini folder ‘Ridwan Blog’ mengandung spasi.
  5. Download Minimal ADB dan ekstrak dimana saja tapi agar lebih mudah simpan bersamaa dengan file ROM
  6. Sambungkan Redmi Note 3 Pro ke PC/laptop via kabel data
  7. Masuk ke Setting/ Pengaturan — About Phone/Tentang Ponsel — Tap 7 kali di MIUI Version nanti akan ada notif developer/Pengembang
    Masuk ke Setting/Pengaturan — Additional Settings/Setelan tambahan — Developer Options/Opsi Pengembang — Ceklis di bagian USB Debuging — Selalu Izinkan Debuging

    usb-debug

    usb-debug

  8. Sekarang Pindah ke PC/Laptop cari folder ADB (langkah no.4), klik folder ADB sambil menekan tombol Shift di keyboard bersamaan dengan klik kanan kemudian pilih ‘Open Command Window Here’

    Open-command-window

    Open-command-window

  9. Ketik ‘adb device‘ (tanpa spasi )untuk mengetahui device kita sudah terdeteksi
  10. Jika sudah lanjut ketik ‘adb reboot edl‘ >> command ini untuk memerintahkan device masuk ke mode download (Device akan reboot dan kemudian layar blank dan lampu indikator kedip-kedip warna merah)

    adb

    adb

  11. Jalankan ‘MIUI ROM Flashing Tool / MiFlash’ di C:\Program Files (x86)\Xiaomi\MiPhone
  12. Tekan Refresh untuk mendeteksi device
  13. Tekan Browse kemudian cari file ROM Fastboot (Langkah 3) di E:\kenzo_images_6.4.9_20160322.0000.17_5.1_cn\images
  14. Di bagian pojok bawah kiri ceklis Flash ALL bertujuan agar nantinya ROM benar2 fresh install
  15. Setelah itu Klik Tombol Flash Tunggu saja beberapa menit sampai proses completed Successfully (Ingat dalam proses ini jangan sekali-kali mencabut kabel data dari Device untuk menghindari Softbrick maupun Hardbrick)
  16. Jika sudah selesai silahkan cabut kabel data dari device dan nyalakan seperti biasa menggunakan tombol power Proses startup membutuhkan waktu yang lumayan lama (mungkin 5 menitan bisa kurang atau lebih) jadi jangan panik tunggu saja sampai benar-benar masuk ke HOME Screen

    miflash

    miflash

Dan Selamat Sekarang kamu sudah menggunakan ROM Global Stable, jika suatu saat MIUI mengupdate firmware nya kamu bisa langsung update melalui OTA.

Flash-Redmi-Note-3-Pro

Flash-Redmi-Note-3-Pro

Demikian Tutorial Mengganti ROM Distributor ke Global di Redmi Note 3 Pro, Jika ada hal yang perlu ditanyakan bisa ketik di kolom komentar.

loading...
Apr 12, 2016 - Posted by Ridwan - 167 Comments

167 Responses to “Tutorial Mengganti ROM Distributor ke Global di Redmi Note 3 Pro”

  1. Ibap says:

    Step 10, kita mesti install driver di windows. Dapet driver nya dari mana, Boss?

  2. Kharij says:

    Thank’s tutorialnya..mas bro..
    kenzho dah adi global rom…

  3. linardi says:

    kok adb devices aku gak kedeteksi ya? kosong

  4. raden says:

    Gan.. Step 15, Ko lama progress nya lebih 30 menit belum complete juga, apa ada yang salah? posisi masih tunggu complete, laptop windows 10

  5. arhakeem says:

    itu wajib ubl dulu gan?

  6. haris says:

    mandek di langkah 15. dia bilang unknown apa gt …

  7. Kalau trik ini di gunakan untuk Xiaomi Redmi 3 bisa ga gan, buka yang pro nya.

  8. Alex says:

    gan pas langkah ke 15 mau di tekan flash muncul error , directory ,name , sintax bla bla error kenapa ya

  9. Haris says:

    semepet gagal di langkah no. 15
    jalan keluarnya ada 2 file dari ROM Fastboot yg mesti diganti. cari dinforum xiami ada, lupa saya nama filenya krn ada di laptop. ini nulis komen dr hp.

  10. jhenny says:

    Gan kalau downgrade dari rom 7.2.3 ke 7.1.8 gmna ya..soale 4g nya gak muncul

  11. pocky says:

    gan udah sejam lebih tpi belum selum selesai juga pda step 15
    di biarkan aja or gmn itu gan?

  12. inuer says:

    thx om…skali nyoba lngsng sukses

  13. Ardian says:

    minimal ADB nya ko ga bisa di download gan ridwan?

  14. Reza Juanda says:

    om haris, tolong di lengkapi dong file yg haru di ganti utk step 15 gmn. biar nambah referensi. mana tw ada temen lain yg ngalamin hal yg sama.

  15. darmawan says:

    gan ketika flash g bisa muncul tulisan
    the file name, directory name, or volume label syntax is incorrect.(0X8007007b:open programmer “MPRG*.hex
    mohon bantuannya

  16. Stellino says:

    Mantap, Lancar jaya, sekali eksekusi langsung Done,
    Thanks Gan 4 Tutornya

  17. Kmaarif says:

    Gan step 9, adb diveices tidak terdeteksi / eror gimana gan….semua udah ane instal

  18. yan says:

    Step 9 gagal gan. HH ga kedetek, ga ada di “device list”. Usb debugging udh aktif. Mohon pencerahan

  19. Jimmi Eka Putra says:

    Gan ane pakai windows 7 64 bit.. tp d cmd device nya nggak k bca.. pdhal semua udah ane install.. ksih pencrhan donk gan..

  20. ron says:

    Tutorialnya cukup membantu. Sempet gagal, tapi setelah mereplace file flash_all.bat dan rawprogram0 proses flash berjalan lancar. Terima kasih banyak.

  21. Ari says:

    terima kasih banyak buat tutorialnya bang, langsung sukses sekali install, sukses terus blognya 🙂

  22. lawliet says:

    thanks om sukses mantap tutornya

  23. Mukisi says:

    Apa iya berhasil? Apa sudah di tes lagi sinyal 4G jalan enggak? Ane udah coba gagal 4G nya

  24. farudi says:

    Gan artinya memori internal : 24,37 GB Tersedia – 32,00 GB Total, itu apa dr keseluruhan 32 GB memori yg free/tersedia tinggal 24,37GB? kok sedikit sekali pdhl baru kan gan

  25. mpes says:

    Ciri ciri room distributor kaya gimana om

  26. anonim says:

    klo pakek ini playstoreny ilang ngga?

  27. anonim says:

    ini bisa digunakan di xiaomi redmi note 3 ngga? bukan yg pro

  28. anonim says:

    ok gan d tunggu untuk rom yg d gunakan sma y smo yg pro?

  29. anonim says:

    sekalian link untuk download rom globalny y gan

  30. ronny says:

    sma gan saya juga error. the file name, directory name, or volume label syntax is incorrect.(0X8007007b:open programmer “MPRG*.hex
    maksudnya di folder mana gan ??

  31. ronny says:

    gan kalo error. the file name, directory name, or volume label syntax is incorrect.(0X8007007b:open programmer “MPRG*.hex
    apa yang salah ??

    • Hqm says:

      Coba pakai miflash beta tool gan. Kalo pake miflash seperti biasanya versi lawas maupun yg terbaru 32 ato 64 bit tetep eror pun juga gonta ganti rom fastboot tetep…error incorrect ….mprg*,*…punya ane mi4c fastbootnya lewat edl dulu baru pake miflash beta….huh ane hampir nyerah flash mi4c ane yg softbrick parah..hanya bisa fastboot tp gak bisa ngecas…….

      • Jeni Pangestu says:

        aku udah pakek mi flash beta masih aja kek gitu gan,mohon pencerahan

        • Ridwan says:

          tips dari agan hegar lasardi:

          kasih masukan gan, itu kalo byk yg gagal dan muncul tulisan :
          the file name, directory name, or volume label syntax is incorrect.(0X8007007b:open programmer “MPRG*.hex
          itu karena file rom yg di download ekstensinya (.tar) nah ini biasanya kalo bro bro sekalian download romnya pake idm
          ane saranin downloadnya pake bawaan browser (ane pake google chrome)
          nah kalo udah di download file rar nya di cek yang bisa di gunain tuh yg (.tgz) (kalo download pk chrome lgsg formatnya .tgz) selanjutnya stepnya sama kaya di atas gan

  32. zahin says:

    ‘adbdevice’ is not recognize as internal or external command, operable program or batch file.

    kenapa ya ?

  33. verry andriyanto says:

    kok file rom nya d extract muncul nya bukan folder tapi file image ya gan??

  34. Yadi says:

    boleh minta link file “flash_all.bat” dan “rawprogram0” ?

  35. Yadi says:

    boleh minta link file “flash_all.bat” dan “rawprogram0.xml” ?

  36. Yadi says:

    maaf ga jadi. udah ketemu setelah cari2 sendiri. permisi, n makasih buat tutor nya 🙂

  37. Yadi says:

    device unauthorized
    gimana tu min?

  38. hegar lasardi says:

    kasih masukan gan, itu kalo byk yg gagal dan muncul tulisan :
    the file name, directory name, or volume label syntax is incorrect.(0X8007007b:open programmer “MPRG*.hex
    itu karena file rom yg di download ekstensinya (.tar) nah ini biasanya kalo bro bro sekalian download romnya pake idm
    ane saranin downloadnya pake bawaan browser (ane pake google chrome)
    nah kalo udah di download file rar nya di cek yang bisa di gunain tuh yg (.tgz) (kalo download pk chrome lgsg formatnya .tgz) selanjutnya stepnya sama kaya di atas gan

  39. Muly MA says:

    Gan gimana punya saya devicenya tidak terdetekti, dan hpnya sudah ke reboot tdk bsa hidup?

  40. pandu says:

    siang gan, ane mau nanya nih, ane kedapetan error begini gan
    “Status – Not enough storage is available to process this command.(0x80070008: Max Buffer sector is 256)”.
    Mohon pencerahannya gan.

  41. Budi says:

    Pagi bung Ridwan, maaf bisakah sy minta alamat bung Ridwan? Karena terus terang sy Gaptek banget, jd mau minta tolong pakarnya aja langsung daripada salah 🙂 Thks.

  42. Budi says:

    Pagi bang Ridwan, maaf bisakah sy minta alamat bang Ridwan? Karena terus terang sy Gaptek banget, jd mau minta tolong pakarnya aja langsung daripada salah 🙂 sy di Sby bang, Thks.

  43. ardiansyah rf says:

    Gan kalo beli baru nih disini resmi note 3 pro nya.. trus ush samperin 650 . Sama misi 7.. apa harus d update lg gan seperti cara di atas .. garansi distributor help me

  44. ardian rf says:

    Gan misalnya kalo beli baru redmi note 3 pro nya.. trus udh snapdragon 650 . Sama miui 7 global stable tpi garansi distributor.. apa harus d update lg gan seperti cara di atas help me

  45. OPik says:

    Waktu pas flash itu berapa lama sih ?
    gw progerresn ya ko ga jalan jalan ya udah satu jam lebih. Terim kasih

  46. trsap says:

    gan bedanya rom global sama rom china apaan gan?

  47. Rinardi says:

    Mas, seluruh step awal sdh bisa saya jalankan tetapi berhenti pada step saat refresh device untuk flash ternyata device nya tidak ditemukan padahal dengan Mi PC Suite sudah terkoneksi. Apa masalahnya ya? tks

  48. zainudin says:

    Siang Gan, saya zainudin punya readmi note 3 pro Qualcomm Snapdragon 650, sekarang bootloop terus akibat saya unlock bootloader, sampai saat ini tdk dapat dideteksi PC drivernya, mohon solusi dari gan semua yg sudah berhasil

  49. andreas bonek says:

    buat note 3 biasa ada yg global nya ngak klo ada tlong dong

  50. andreas bonek says:

    filmware note3 pro cocok gak ke note3 biasa tlong kasih pencerahan nya mas..mas

  51. Kang Aziz says:

    mantaf lek, 2 kali percobaan n done… (y)

  52. anonim says:

    Kalau trik ini di gunakan untuk Xiaomi Redmi 2 prime bisa ga gan..?

  53. edierror says:

    Terima kasih gan…
    Sukses Selalu 🙂

  54. Ven777 says:

    Hai agan agan.. semua and bang ridwan..kunten ya , mau share juga ni minta penerangan nya , ane juga ngalamin kejadian pake miflash versi yg 2015 or 2014 hasil nya sama kayak bang PANDU@ [“Status – Not enough storage is available to process this command.(0x80070008: Max Buffer sector is 256)”.] Itu gmn ya bang?? Dan notebook yg saya pakai itu windows 7 yg 34bit .thx all and assalam

  55. Ven777 says:

    Ouh iy ketinggalan….. xiaomi ane yg tipe Redmi 3 yg internal nya 16gB bukan redmi 3pro,

  56. erwin iwan says:

    mau tanya dong cara bedain versi miui rom distributor abal2 sama yg uda stable global gimana ya ? saya cuma tahu angka awal menandakan versi miui nya

  57. heru eko says:

    gan kok jaringannya jadi 3 g sih ga ada lte lagi mohon jawabannya gan

    • Ridwan says:

      buka dial phone atau papan ketik nomer telpon
      Lalu dial atau tekan *#*#4636*#*#
      Kemudian pilih phone information 1
      lalu ubah “set preferred network type” menjadi LTE ONLY
      Selesai

      • Waasi says:

        aku coba kok gbs gan…dah teken lte only padahal…nungguin mpe lama gak pindah dari halaman itu, kn katanya nunggu mpe terganti…tp ternyata jaringan tetp gbs gan…

  58. ShenriuDimas says:

    Klo punya saya waktu buka cmd>ADB
    Ndak ada tulisan “*demon” 2 itu apa masalah om tpi device kebaca..
    Mohon bantuan’Ny om.

  59. Yudy says:

    Nanya gan? Device ane Reno 3 pro Rom 7190.0 Rom abal2 GA bisa update jd kekurangan apa aja gan? Selain banyak iklan soalnya pas di luar kota susah signal ini karena Rom distributor ato hh Xiaomi emang gitu?

  60. Indra Adha says:

    perlu di backup dlu gak mas??

  61. darma says:

    Di versi ram 2gb bisa gak gan

  62. ASIP says:

    THE REQUEST RESOURCE IS IN USE… NI KENAPA YA GAN

  63. mamen says:

    ada bahasa indonesia nya ga bos?

  64. afif says:

    gan kalo download rom redmi note 3 pro sama gak ama rom redmi note 3?

  65. Agust says:

    Kok saya dah pake file Kenzo yang download pake g chrome and format udah tgz, tapi tetep aja keluar
    the file name, directory name, or volume label syntax is incorrect.(0X8007007b:open programmer “MPRG*.hex ?

  66. angga says:

    gan ridwan mohon bantuannya banget,
    ini ane gagal dan tulisannya itu Catastrophic failure(0x8000ffff: Receiving hello packet)
    itu kenapa ya gan?

  67. Edi says:

    Selamat pagi mas, kebetulan saya punya hp xiaomi redmi note 3 pro.dari beli hp saya hanya ada beberapa bahasa, diantaranya china, inggris (tp masih campur china), sudah bisa update miui secara otomatis. Pertanyaannya, apakah ini sudah os global? Atau msh distributor? Bisa tidak ditambah bahasa indonesia? Atau bahasa inggrisnya dibuat murni bahasa inggris, bukan campuran china? Terimakasih jawabannya.

  68. richard says:

    Gan… setelah adb reboot adl knp hh ane mati trus nyala lg (restart). Dicoba Dr awal lg tetap sama. Mohon pencerahannya….

  69. hendra syam says:

    kalo adb devices nya ga kebaca , diapan gan? maksudnya pindahin driver yang mana manual itu, file apa pindahin kemana? thx

  70. Echiz says:

    Oiya gan,, gambar ditulisannya agan yg pling bawah itu pke rom distributor apa rom global?
    Soalnya sama persis kyk pnya saya tuh gambar

  71. edozzz says:

    it’s work gan…. thank u so much….. akhirnya 4g’nya bs dmunculkan…. happy bgt wkwk 🙂

  72. lutfie says:

    gan saya udah coba flash rom 2 kali, pertama pake windows 8 64 bit tapi gagal, ada keterangan “not enough stronge available” gitu dan akhir.a bootloop, terus saya flashing lagi di windows 7 64 bit tapi gagal lagi dengan keterangan yg sama, bisa minta pencerahannya gak gan?
    sekalian minta kontak, saya juga domisili deket bsd siapa tau bisa konsultasi langsung…..
    thanks

  73. akim says:

    lain kali kalo mau share harus yang bener gan

  74. didik says:

    gan baru megang reno3 pro 2/16 nih

    mau flashing dari 7.3.6 (LHOMIDD) ke Global Stable (7.3.2.0) – Recovery ROM
    tinggal taro di internal HP aja trus update di updater aja? tanpa harus UBL dulu bisa gan? trims gan.

  75. rifqi says:

    Gan.. klo gagal flashing garansi berlaku ga ya..??

  76. murda says:

    thanks gan infonya membantu sekali 🙂

  77. murda says:

    di mi4 sukses gan :). lancar jaya tutorialnya 🙂

  78. WICKS says:

    Gan kok di Miflash ane tulisanya “the system cannot find the file specified”. Mohon di bantuannya gan
    Thanks

  79. […] Tutorial Mengganti ROM Distributor ke Global di Redmi Note 3 Pro, Jika ada hal yang perlu ditanyakan bisa ketik di kolom […]

  80. Bagus says:

    gan kok ane pas flashing not enough storage ya ?
    trus ane refresh ane flash ulang juga ga bisa itu kenapa ya ?

    • Bagus says:

      udah gitu pas ane cabut kok wifi ane ga bisa aktif2 ya gan itu kenapa ya ?
      apa kena hardbrick ? kalo kena solusinya apa ya gan ?

      • Bagus says:

        udah bisa lagi gan alhamdullilah ,harus pake mi flash yg v2016 ternyata, sekarang udah bisa juga wifi ane thanks gan (y)

  81. roy says:

    gan 4g nya jd ga bs nih,,udh ubah lokasi jg ga bs,,kmrn pake mi flash yang ini https://drive.google.com/file/d/0B9nFSPlqE63jVldxbWdiaG81YjA/view,,

  82. kyofuu says:

    gan ini sehabis di flash rom global batrey -2% di cas kagak nambah” knpa ya gan?

  83. kyofuu says:

    hp saya redmi note 3 pro gan mohon di bantu jawab gan..
    sehabis di flash rom global batrey -2% di cas kagak nambah” knpa ya gan?

  84. bastian says:

    gan apakah langkah-langkah nya tetap bisa di aplikasikan pada mi4c?

  85. skhprdny says:

    ini tutorial yang manjur
    mi flash diatas UNTUK 32 bit sedangkan yang betul untuk 64 bit
    saya menggunakan windows 64 bit dan terjadi error (0x80070008; Max buffer sector is 256)

    mohon diperbaiki terimakasih

  86. Bagi yang punya kendala dengan masalah MPRG.hex, coba folder di rename menjadi lebih pendek misal rom_stable_xxxx.

    Bagi yang punya kendala dengan Hello packet … pastikan sudah menginstall driver yang benar, dan menupdate drivernya via devices manager.

  87. arie says:

    Alhamdulillah gw sukses bro.. thx tutorial ny.
    buat catatan >>
    1. klo pas adb devices gak kedetect, solusi : langkah 1 dan langkah 2 (download dan instal, pastikan di instal ke pc Mi PC Suite dan Flashtool ny)
    hal ini juga berlaku ketika mencari driver xiaomi, driver ada di instalan langkah 1
    2. error “not enough storage is available to process this command” solusi : pakai Flashtool terbaru XiaoMiFlash(beta)2016, pakai pc yang 64bit, dan pastikan drive/hardisk pc anda gak full. jika masih error spt itu, restart pc lalu ulangi flashing dari awal
    3. error “-0x80070026-” “hello-packet…” solusi : download ROM yang benar, sesuaikan versi dengan HH

  88. Hqm says:

    Bagi yg ngalami error waktu fastboot sperti ini —
    the file name, directory name, or volume label syntax is incorrect.(0X8007007b:open programmer “MPRG*. ? Coba pakai miflash versi beta bukan yang miflash release….punya ane mi4c softbrick locked boatlooder..dan harus install fastboot lewat edl dulu kemudian pake miflash beta, berhasil flashing….ttp semangat bg agan yg ngalami error seperti itu….pasti bisa…

  89. syau_ says:

    thanks om, work banget caranya.. uhd muter muter nemunya disini ternyata cara flashing ulang rom distri wkaowkao tq banget dahh pokoknyaa

  90. both setiawan says:

    kalo cara ganti rom developer cina ke global gimana gan,,ane via twrp malah bootlop fia fasbot pake mi flash malah eror pas di flash mohon pencerahanya gan..

  91. Dwi says:

    Kalo xiaomi redmi 4a apa bisa Romnya diganti global juga?

  92. Buat Andoid says:

    gan kalo ganti rom gini 4g nya udah fix belum ya? apa harus fix sendiri?

  93. Ari says:

    Gan,kok regionnya china aja?

  94. Peter says:

    Mas Ridwan. Saya stuck nih, sdh coba berapa kali. Miflash nya gak bisa deteksi xiomi saya waktu sy refresh. Utk step sblmnya, semua oke.
    Sy sdh baca komen diatas, katanya drivernya. Sorry bener, sy gak paham maksudnya apa yah. Sy cek waktu install miflash, sdh ada driver qualcomnya di subdirektori. Terus sy hrs gimana yah, mohon pencerahan. Sudah coba2 terus tp gagal. Trims sblmnya

    • Ridwan says:

      Kalau belum kedetek kemungkinan memang drivernya belum terinstall semua gan..
      Jangan lupa juga aktifin usb debuging di developer option

      • Peter says:

        USB debuging sdh oke. Waktu di step ketik ‘adb reboot edl‘ , hp xiaomi nya hanya restart tapi layar gak blank dan lampu indikator gak kedip-kedip warna merah.
        Btw gan, ini hp harus di unlock dulu ?? karena punya sy masih status locked.

  95. Peter says:

    Mas Ridwan ada di BSD yah. Sy kebetulan jg disini. Bisa ketemu darat gak karena uda lmyn stress 🙂 Bisa tau kontaknya gak? atau email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *